03 Maret 2011

Tempat Mengadu Bagi Orang Yang Ingin Kaya

Oleh : Mochammad Moalliem

Anda ingin kaya?

Jika jawaban anda “ya”, apakah anda masih miskin?

Kehidupan manusia memang begitu rumit secara otomatis, karena semua mengalami perputaran seiring perputaran waktu, dalam diri manusia pun ada yang selalu berputar untuk menjadikan manusia menjadi hidup, tentunya memutarkan sel-sel darah dalam tubuh manusia itu membutuhkan energi, sebagaimana kendaraan yang membutuhkan bahan bakar.

Semakin bagus bahan bakarnya, semakin enak perputarannya, dan awet mesinnya, Manusia pun semakin bagus makanannya semakin sehat tubuhnya, dan panjang umurnya, hanya saja manusia ada tambahan elemen bisa dibilang software elemen halus, yaitu jiwanya, ini juga butuh makan, dan banyak orang lupa tidak mengisi makanan jiwanya, kecuali disaat terasa terjepit, terhimpit, tertindas, atau terbebani masalah yang besar.

Ketika roda berputar dan seseorang berada dalam posisi terendah dalam hidupnya, banyak orang mencoba keluar dari posisi itu dengan kemampuan akalnya, ada yang berhasil namun banyak juga yang makin tenggelam. Sebagian yang lain mencoba minta bantuan orang lain, ada yang dapat sekali dua kali, namun banyak juga sekali aja belum ada yang membantu.

Ada juga yang minta pertolongan pada dukun, ada yang seperti berhasil tapi aslinya makin tenggelam, dan banyak yang malah ditipu dukun. Ada yang minta bantuan jin, ada yang sementara berhasil, namun banyak juga yang akhirnya bangkrut, dan semua itu tidak sesuai dengan anjuran Islam.

Lalu bagaimana Islam mengajarkan?

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِىٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ بَشِيرٍ أَبِى إِسْمَاعِيلَ عَنْ سَيَّارٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ نَزَلَتْ بِهِ فَاقَةٌ فَأَنْزَلَهَا بِالنَّاسِ لَمْ تُسَدَّ فَاقَتُهُ وَمَنْ نَزَلَتْ بِهِ فَاقَةٌ فَأَنْزَلَهَا بِاللَّهِ فَيُوشِكُ اللَّهُ لَهُ بِرِزْقٍ عَاجِلٍ أَوْ آجِلٍ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ.

Man nazalat bihi fâqatun fâanzalahâ binnâsi lam tusadda fâqatuhû wa man nazalat bihî fâqatun fa’anzalahâ billâhi fayûsyikullâhu lahû birizqin ‘âjilin au âjilin

Barang siapa tertimpa kemiskinan, kemudian ia mengadukannya kepada sesama manusia, maka tidak akan tertutup kemiskinannya itu. Namun siapa saja yg mengadukannya kepada Allah, maka Allah akan memberinya rizki baik segera ataupun lambat

Maka segeralah mengadukan masalah kita pada Allah agar segera diberi jalan keluarnya, jangan malu meminta karena Allah itu Maha Kaya.

Allim
Jakarta, Kamis 03 Maret 2011
Ya Allah Lebihkanlah keperluan kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan pendapatmu kawan

10 Artikel Populer