13 Desember 2007

Hanya Manusia Yang Berakal

Hanya Manusia Yang Berakal
Oleh : Mochammad Moealliem

Sejak awal penciptaannya manusia memang lebih unggul daripada makhluk selainnya, meskipun kemarin saya baca berita simpanse memiliki memory yang lebih besar dari manusia, tapi setelah saya analisa memory besar tak menjamin simpanse bisa bikin pesawat, komputer pun banyak yang memorinya berkapasitas besar, namun kalau program yang ada tidak maju yach percuma saja.

Bukan hanya itu, manusia bahkan lebih hebat dari malaikat, jin dan bahkan iblis sekalipun, kalau malaikat bisa beribadah terus dan tak pernah membantah, itu khan wajar karena dia nggak punya nafsu, kalau ada manusia yang bisa beribadah terus dan mengekang nafsu tentu lebih hebat darinya.

Jin dan dedemit juga termasuk makhluk yang kawakan, namun dia nggak maju, konon kata para ahli dibidang itu, jin tak pernah korupsi, tak ada yang bikin pesawat, tak usah bikin rumah mewah, tapi kadang bikin repot manusia, karena nebeng dirumah kita, atau kadang mencuri makanan kita, mungkin mereka termasuk kurang cerdas.

Terkadang manusia juga lebih hebat dari iblis, misalnya dalam bersumpah palsu demi untuk melancarkan urusannya, bahkan atas nama Tuhan, bahkan manusia ada yang tak percaya dengan tuhan, padahal syeitan aja percaya dengan tuhan.

seperti syaitan ketika dia berkata kepada manusia: "Kafirlah kamu", maka tatkala manusia itu telah kafir, maka ia berkata: "Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta Alam" QS.59:16

Hebat bukan manusia itu, maka jangan remehkan manusia (emang kita bukan manusia?!) siapa dulu penciptanya? Hanya Allah yang menciptakan manusia, bahkan Allah memberi kelebihan secara khusus dari berbagai makhluk yang telah diciptakan, " Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan , Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan." QS.17:70

Dalam analisa penulis, malaikat itu punya hati, syaitan punya nafsu, dan manusia punya hati, nafsu dan akal, kalau akalnya mati dan hati dikudeta oleh nafsu maka jadi syeitan dari golongan manusia, tapi kalau nafsunya yang mati, maka hati dan akal akan menjad manusia yang hebat dan baik, tapi kalau Akal dan nafsu mati, yang dipakai hanya hati, maka akan jadi malaikat darii golongan manusia, jadinya seperti sikap para ibu terhadap anak kesayangannya, lihat aja salah dan benar tidak dipedulikan yang penting sayang.

Allah menciptakan manusia dari tidak ada, alias dari nol, kalau ada yang bilang dari kera, atau dari manusia purba, mungkin manusia yang kera-njingan yang harusnya menjadi benda purbakala saja. Dan saya yakin itu hanya sebuah analisa yang kemudian dibuatkan ilustrasi untuk menipu kita, dan ketika kita tanya hari apa manusia itu tercipta? Tentu nggak ada yang tahu, padahal pertanyaan itu palng mudah, sebab sejak zaman purba sudah ada hari, meski jam, bulan dan tahun tak begitu berguna.

Makanya orang jawa seumur kakekku tak tahu tahun berapa dia lahir, bulan apa dan jam berapa, tapi yang diingat adalah lahir pada malam jum'at kliwon (misalnya) silahkan chek itu pada kakek-kakek dijawa. Bahkan nabi Muhammad yang jelas lahir hari senin, bulan dan tahunnya ditemukan jauh setelah itu disesuaikan dengan tragedi yang ada pada saat lahir, diantaranya serbuan pasukan gajah, gerhana dll.

Kalau manusia pertama hari apa? Menurut penulis adalah hari jum'at, opss jangan berperasangka buruk dulu, ini ada dasarnya, entah pembaca percaya atau tidak bukan urusan penulis.

(HR.Muslim 1411)

1411 - و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا الْمُغِيرَةُ يَعْنِي الْحِزَامِيَّ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.

Masih banyak riwayat yang lain, juga dikitab-kitab yang lain, seperti muatho' imam malik hadith no 222, musnad Ahmad hadith no 22663, 22675, sunan Nasai, Tirmidzi, Abu dawud, semua ada seputar hari adanya manusia pertama.

Hari Jum'at itulah manusia tercipta, kalau boleh digamabarkan memang manusia tercipta setelah makhluk-makhluk yang lain, bumi, langit, dan sebagainya. Maka hari jum'at adalah hari terakhir penciptaan makhluk-makhluk pertama dari setiap jenisnya, dalam artian penciptaan segala makhluk diawal mulanya hanya butuh waktu seminggu, dari sini manusia diajari penggunaan masa kerja, pada awalnya dulu kaum nabi musa harus berhenti bekerja pada hari sabtu dari pagi sampai sore, dan itu disebut hari sabat, dan masih dilakukan sebagian kecil umat yahudi sekarang.

Bahkan pada hari itu Allah sering menguji hambanya dengan banyaknya ikan dilaut tempat mereka bekerja menjadi nelayan, maka bagi yang tak kuat iman mereka tidak ikut sabtuan, akhirnya dkutuklah mereka yang rakus dunia itu menjadi kera, cocoknya kera-njingan, dan mungkin tulang-belulangnya kera itu ditemu darwin lalu munculah teori aneh.

Karena hari jum'at adalah hari akhir minggu (seminggu) maka untuk orang Islam ada jum'atan, sebab masing-masing umat ada aturannya sendiri, meskipun dari Tuhan yang sama, Allah berfirman, likullin ja'alna minkum syir'atan wa minhaja. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu , Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Maka wajar kalau orang Islam juga diuji di hari jum'at, hanya saja mungkin lebih ringan daro orang yahudi, sebab orang Islam hanya mulai waktu dhuhur sampai selesai sholat jum'at, habis itu malah di suruh kerja lagi.

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung QS.62:10

Kalau orang kristen, konon dulunya juga sabtuan, tapi nggak tahu gimana kok jadi mingguan, kalau di Mesir orang kristen sabtuan, nggak tahulah yang jelas orang Islam jum'atannya hari jum'at, nah begitu pula nanti kiamat juga hari jum'at, konon tandanya ketika ada sholat tiga kali dalam hari jum'at itu adalah awal kiamat. Gambaranya pagi sholat hari raya, siang sholat jum'at, sore sholat gerhana. Wallahu a'lam

Adakah bukti bahwa manusia dari awalnya tercipta adalah manusia bukan makhluk yang lain? Sementara ada orang beranggapan bahwa Adam adalah manusia modern, sementara sebelumnya adalah manusia purba, betapa lebih rendah lagi jika berasal dari kera, dan hal itu terbantahkan oleh data yang penulis peroleh, bahwa manusia diciptakan dari yang asalnya tidak ada manusia menjadi ada manusia.

Dan tidakkah manusia itu memikirkan bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama sekali?QS.19:67

Alliem
Cairo, Kamis 13 Desember 2007
Gunakan Akalmu Jika Manusia



1 komentar:

  1. manusia diberi akal untuk berfikir itu bedanya, sayangnya banyak manusia yang tidak menggunakan akalnya :(

    BalasHapus

Katakan pendapatmu kawan

10 Artikel Populer