07 November 2007

Perempuan Tak Perlu dibela

Perempuan Tak Perlu dibela
Oleh : Mochammad Moealliem

Tentu saja ketika anda membaca judul diatas akan merasa aneh terlebih jika anda adalah seorang perempuan, namun itulah judul sebuah makalah dalam diskusi kemarin tentang feminisme.

Ketika pertama kali saya membaca judul makalah itu, saya teringat ketika membaca buku "Tuhan tak perlu di bela" abdurahman wahid. Namun ketika aku coba baca makalah kebawah sedikit ternyata sangat berbeda jauh dengan buku yang judulnya ditiru pemakalah diskusi untuk memancing sebuah pertanyaan itu.

Dalam buku TTPDB ( Tuhan Tak Perlu dibela) disana di jelaskan bahwa kita perlu membela manusia karena sifat manusia adalah lemah dan hanya tuhanlah yang maha kuat, nah dari situ rasanya ada sebuah perbedaan pandangan dari "perempuan tak perlu dibela", saya rasa kita perlu sekali membela manusia dari manusia, jika tidak tentunya ada alasan yang mendasar yang sedemikian sehingga mereka tidak membela manusia.

Jika perempuan tak perlu di bela, tentu mereka masih dalam kondisi yang tidak terhormat, Islam sangat membela perempuan, sejarah mencatat bahwa Islam memberi pembelaaan atas kehidupan perempuan, dan mengangkatnya dari penghinaan semasa jahiliyah dulu, Islam memberi hak waris pada perempuan yang hal itu tidak terjadi pra Islam, tentunya pembelaan itu kini telah dilupakan oleh perempuan sendiri.

Feminisme yang berkembang saat ini pada dasarnya bukan untuk membela perempuan akan tetapi untuk menuntut sebuah kesamaan dari sebuah bagian yang tidak sama. hingga berkembang dan tak akan pernah selesai dengan didiskusikan. kalo toh ada yang mengatakan perempuan tak perlu di bela, itu hanyalah omong kosong, atau merupakan sebuah ketidak mampuan untuk membela orang lain.

Tidak ada manusia didunia ini yang tak membutuhkan pembelaan, kecuali dia sudah tidak hidup dalam kehidupan ini.


Alliem,

Senin, 21 Februari 2005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan pendapatmu kawan

10 Artikel Populer