12 November 2007

Misteri Makhluq Halus

Misteri Makhluq Halus
Oleh : Mochammad Moealliem

Makhluq yang satu ini memang menarik perhatian, dan hampir menjadi makanan sehari-hari umat manusia untuk membicarakan atau sekadar melihatnya dengan berbagai komentar yang keluar maupun tertahan dalam hati. Bukan saja di Indonesia saja hal itu marak bahkan dimana ada peradaban disitulah ada makhluq halus. Bahkan di Indonesia hal demikian dimanfaatkan sebagai barang dagangan untuk dijual lewat layar kaca, tanpa mempertimbangkan efek yang timbul pada generasi yang akan datang.

Mungkin bisa kita katakan generasi kita menjadi penakut, sebab sejak dini mengkonsumsi hal-hal yang menakutkan yang seharusnya hal itu cukup dipercayai dan tak perlu diperjelas hanya demi kekayaan segelintir orang, dan merugikan generasi bangsa yang terserang penyakit minder dan penakut dalam kancah internasional.

Dalam pembahasan kali ini penulis tidak bermaksud untuk memperjelas makhluq halus, hanya saja penulis ingin membahas makhluq halus dalam lain sisi. Makhluq halus yang sangat menarik, yang tidak menakutkan meski bisa membahayakan, berbeda dengan makhluq halus yang menakutkan tapi tidak membahayakan.

Makhluq ini sangat kuat meski kekuatannya terletak pada kelembutan dan kehalusannya. Makhluq ini pecinta perhiasan, penyedot barang mahal, makhluq yang sangat simple, namun juga sangat kompleks, dan sangat membingungkan untuk dimengerti, namun yang jelas indah di pandang.

Tak heran jika kita mengenal makhluq ini sebagai tulang rusuk manusia lelaki, tanpa tulang rusuk, lelaki tak akan sempurna, namun kalau salah memperlakukannya bisa berbahaya. Dibiarkan akan bengkok, diluruskan terlalu memaksa akan patah, namun kalau mampu dengan benar akan memberi kekuatan yang sangat dasyat, penulis ingat sebuah ungkapan, bahwa "dibalik lelaki yang sukses, terdapat perempuan yang hebat".

Perempuan adalah makhluq yang halus, menarik dan kadang membahayakan. Namun sebaik-baik perhiasan adalah makhluq halus yang sholihah, penulis pikir dialah perempuan yang hebat yang akan bisa membuat lelaki sukses. Tapi ada pula yang akan membuat lelaki hancur lebur oleh makhluq halus ini, karena kekuatanya yang tidak digunakan pada tempatnya, sebagaimana disinggung dala Al Qur'an bahwa:

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. 64:14)

Setidaknya dalam ayat itu penulis dapat mengambil pemahaman bahwa perempuan memang sangat susah difahami dan dimengerti, sebab cara berfikir antara lelaki dan wanita berbeda, mungkin lelaki pakai logika dan perempuan pakai perasaan. Maka tidak heran jika sering terjadi pertengkaran antara suami-istri hanya karena kesalahfahaman atau mungkin karena sifat yang berlawanan, namun Allah menganjurkan para lelaki tidak memarahinya bahkan menganjurkan lelaki untuk memaafkan dan menyayangi kaum perempuan.

Bukankah makhluq ini memang hebat? Nabi Adam aja kalah dengan golongan makhluq ini, apalagi kita, bisa jadi kalau perempuan yang kita suka, mengajak kita melanggar aturan sedikit diantara kita yang akan menolaknya. Laa 'ashima illa man rohima robbuk, Nabi Yusuf terpenjara tanpa bukti salah, dan kalah oleh makhluq halus ini, meskipun pada akhirnya mengakui kecurangannya terhadap nabi Yusuf. Nabi musa rela mengembala beberapa tahun demi makhluq ini, betapa mahal biayanya. Namun masih banyak juga yang berhasil sukses dengan makhluq ini, seperti nabi Muhammad berhasil sukses dengan dukungan moral dan material dari golongan makhluq ini.

Sekarang terserah pada anda, ingin sukses atau ingin hancur? Anda bisa berusaha memilih tulang rusuk yang baik dan mampu menjadi patner kehidupan yang saling mendukung dan melengkapi, serta menyempurnakan kehidupan kita, dan bukan menjadi musuh kehidupan kita yang akan menghancurkan segalanya.

Berhati-hatilah memperlakukan makhluq halus, sayangi dan maafkan dia jika melakukan kesalahan-kesalahan yang wajar.

"....Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) ke luar kecuali kalau mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah dan barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu sesuatu hal yang baru." (QS. 65:1)

".......Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. (QS. 65:2)Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. 65:3)

Ketentuan yang ada pada kaum lelaki dan kaum perempuan telah ditentukan oleh Allah, tinggal bagaimana berusaha faham dan bisa menginstal program-program itu, agar menjadi media yang canggih yang mampu membawa kita sampai pada-NYA secara tepat dan siap segalanya.

Alliem
Cairo, Sabtu 23 Juni 2007
Masih belajar untuk mengerti



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan pendapatmu kawan

10 Artikel Populer