07 November 2007

Sejarah Perempuan

Sejarah Perempuan
Oleh : Mochammad Moealliem

Manusia nomor dua dalam penciptaan dari jenisnya, yang menyimpan segudang rahasia yang tak akan mungkin bisa tuntas dalam pembahasan serta segala hal yang berhubungan dengannya, bahkan kalau sudah bicara tentang wanita tak akan pernah selesai hingga waktu terasa berjalan lebih cepat dari normalnya.

Kaum hawa adalah termasuk bagian dari sebab adanya kehidupan alam raya ini, tanpanya seolah kehidupan tak akan berjalan, adanya penulis ini pun gara-gara mereka, jika kita mempelajari sejarah kehidupan, kita akan tahu bagaimana kita bisa sampai dibumi, Adam adalah manusia pertama yang hidup di surga, manusia pertama yang masuk surga tanpa melalui kematian, kemudian juga di susul nabi idris yang masuk surga tanpa melalui kematian, tujuan penciptaan adam adalah sebagai kholifah di bumi seperti di singgung dalam surat al baqoroh 30:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Adam adalah manusia yang hidup tanpa lahir dari seorang ibu dan juga tanpa ayah, jika orang nasrani mengangkat tuhan mereka pada tahun 325 M karena lahir tanpa ayah, mungkin adam lebih pantas dari tuhan mereka, yang lahir tanpa ayah dan ibu, tanpa melalui masa kanak-kanak, lahir disurga. sebagai kholifah tentunya akan menjalankan misi didunia, tentunya akan merasa lelah, capek, dan sebagainya. Kemudian Allah menciptakan Hawa sebagai patner dalam menjalankan misinya nanti.

Sejarah kejadian wanita bisa kita telusuri pada QS: An Nisa ayat 1

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Hingga manusia menyebar di penjuru daratan yang tak terhitung jumlah pastinya, sejarah tak mampu secara pasti berapa tahun umur kehidupan manusia dibumi sejak Adam diturunkan, kehidupan manusia yang semakin berkembang menjadi banyak hingga menciptakan peradaban-peradaban yang berbeda-beda, seperti yang banyak tertulis dalam sejarah peradaban-peradaban yang besar seperti yunani, romawi, cina, india. Lalu bagaimana kondisi kaum hawa pada masa itu?

Harga perempuan sebelum Islam datang, sangat rendah sekali, terlebih perempuan kalangan bawah, dalam masyarakat yunani waktu itu perempuan kalangan elite saja disekap dalam istana, dan dikalangan bawah wanita diperjualbelikan, dan tak punya hak sipil, hak waris juga tidak ada,dan banyak hal yang lain.

Peradaban Hindu dan China tidak lebih baik dari peradaban Yunani pada masa yang sama, dimana hak hidup seorang perempuan yang bersuami harus berakhir pada saat kematian suaminya, istri harus dibakar hidup-hidup bersama mayat suaminya hal in berlangsung hingga abad 17 masehi. Dalam pandangan yahudi martabat perempuan sama dengan pembantu, ayah mereka berhak menjual anak perempuanya, bahkan ajaran mereka menganggap wanita sebagai sumber laknat karena dia lah yang menjadikan adam terusir dari surga.

Mungkin itu adalah bagian singkat dari sejarah perempuan pra islam untuk lebih jelasnya bisa dibaca di "wawasan Al Qur'an" Quraish shihab hal.296-318.

Al Qur'an tak pernah menyebut nama seorang perempuan kecuali Maryam ibu nabi Isa AS. dan dengan jelas bahwa Allah memilih Maryam dari perempuan dunia seperti dalam QS: Ali Imron 42

Dan ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia .

Namun Al qur'an sering mengungkap tabiat perempuan dalam berbagai ayat tanpa menyebut nama perseorangan dari mereka, seperti kisah istri nabi Ibrahim, istri Al aziz dalam surat Yusuf, kisah Hawa dan penciptaannya, Al Qur'an hanya menyebut jenis mereka, jika kita mau memahami Al qur'an secara teliti kita akan bisa mengambil hikmah dari semua hal yang diceritakan didalamnya.

Kepemimpinan wanita menurut saya pribadi pemimpin wanita itu kurang bisa maksimal dalam memimpin, kurang bijak dalam pengambilan keputusan, dan dalam memutuskan sebuah hukum sangat berbahaya karena memakai perasaan keperempuanan, bukan berarti wanita tidak boleh memimpin namun kita bisa lihat ibu presiden kita yang lalu seperti apa gaya kepemimpinannya, dan yang unik lagi ketika perempuan jadi ibu negara akan tetapi suaminya tak bisa disebut bapak negara, hanya cukup dengan sebutan suami presiden, berbeda sekali ketika seorang laki-laki jadi presiden maka istrinya pun mendapat sebutan ibu presiden.

Mungkin itu dulu yang dapat saya tulis disini sebagai obat kepeningan ujian musim dingin ini, terlebih malam ini kabut begitu tebal sehingga jarak 15 meter sudah tidak bisa melihat benda yang ada. Namun setebal apapun kabut itu pikiran kita bisa melihat dengan jelas wajah-wajah manusia nomor dua.

Alliem,

06 Januari 2006
masih menunggu......(?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan pendapatmu kawan

10 Artikel Populer